Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Komunikasi Aparatur Desa Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Bogor.

Ela Hulasoh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan komunikasi Aparatur Desa terhadap kepuasan Masyarakat Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor baik secara parsial maupun simultan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiasif, di mana penelitian ini berupaya untuk menemukan hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Objek penelitian adalah Aparatur Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, dengan responden adalah masyarakat Desa Pemagarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan diperoleh sampel dalam penelitian ini berjumlah 96 responden. Dengan Teknik samplingnya adalah accicental sampling yaitu berdasarkan responden yang berhasil ditemui sesuai karakteristik yang ditentukan, bertempat di Desa Pamegarsari, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, analisis koefesien korelasi, analisis koefesien determinasi dan uji hipotesis yang terdiri dari uji f dan uji t. Hasil penelitian ini adalah hasil uji hipotesis simultan atau uji f diperoleh nilai fhitung>ftabelatau atau (25,232 > 1,984). Hal tersebut juga diperkuat dengan nilai Sig. < 0,05 atau (0,000 < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial kualitas pelayanan dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat. Adapun Nilai koefisien korelasi sebesar 0,931 artinya variabel kualitas pelayanan (X1) dan kualitas komunikasi (X2) mempunyai tingkat hubungan yang sangat kuat terhadap Kepuasan Masyarakat. Nilai koefisien determinasi atau kontribusi pengaruh sebesar 0,867 dengan kesimpulan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas komunikasi secara Bersama-sama (simultan) memiliki kontribusi terhadap kepuasan masyarakat sebesar 0.867 atau 86,7% dan sisanya sebesar 0,133 atau 13,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Komunikasi, Kepuasan.


References


Angkouw, Evelin Corina E., 2013. Proses Komunikasi Pubik dari Guru kepada Murid Kelas TK B Sekolah Pelita Permai Surabaya Dalam Pembelajaran Karakter Kristiani. Jurnal E-Komuniasi: Prodi Ilmu Komunikasi, Universitas Kristen Petra Surabaya.

Ghozali. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hotima, Siti Husnul. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pemerintahan Desa terhadap Tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Majalah Ilmiah DIAN ILMU.12 (2). ISSN : 0853 – 2516.

Laksana, F. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Mallu, Hi Zulkarnain., Ilato, Rosman Ilato., &Irawaty Igirisa. 2022. Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat di Desa Buluwatu Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo. Jurnal Jambura (Journal Adminsitration and Public Service). 3(1). E-ISSN: ISSN: 2775-0515 http://ejurnal.ung.ac.id/index.php/jjaps/index

Mulyana, Deddy. 2014. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Cetakan ke 18. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. 2014. Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Yamit, Z. 2016. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: UII.

Yolanda, Erlinda Sumitasari & Rosy, Brillian. 2022. Pengaruh Komunikasi dan Kepribadian Terhadap Kepuasan Masyarakat Melalui Kualitas Pelayanan Pegawai Kantor Desa Driyorejo. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi dan Pelayanan Publik. IX(3). ISSN: 2088-1894 (Offline).




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v9i2.7296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.