Perencanaan dan Evaluasi Program Komunikasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Kebutuhan Khusus di London School Beyond Academy Jakarta

Danang Trijayanto, Deddy Irwandy, Oktavianus Mbaku Muku

Abstract


People with Autism need post-secondary or tertiary-equivalent post-secondary education services that are more accommodating, complete, with the facilities and infrastructure needed, such as in inclusive schools. In inclusive education institutions, autistic children can learn independently and develop their ability to communicate and develop social interaction skills. The role of educational institutions is very necessary in terms of handling, facilities and infrastructure in an effort to develop the growth and development and independence of autistic children. This manuscript uses a qualitative approach with the theoretical reference used, namely the CIPP (context, input, process, product) program evaluation theory by Stufflebeam. Overall, the skills and training program continues to develop and be continued because it has met its goals in meeting the needs of children with autism.

 

Keywords: School, Education, Autism, LSBA, Institution


Penyandang Autisme membutuhkan layanan pendidikan lanjutan paska sekolah menengah atau setara perguruan tinggi yang lebih mengakomodasi, melengkapi, sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti di sekolah inklusi. Di lembaga pendidikan inklusi, anak autis dapat belajar mandiri serta mengembangkan kemampuan mereka dalam berkomunikasi dan mengembangkan kemampuan interaksi social. Sangat diperlukan peran lembaga pendidikan dengan cara menangani, sarana dan prasarana dalam upaya mengembangkan tumbuh kembang serta kemandirian anak autis. Naskah ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan acuan teori yang digunakan yaitu teori evaluasi program CIPP (context, input, process, product) oleh Stufflebeam. Secara keseluruhan, program keterampilan dan pelatihan terus berkembang dan dilanjutkan karena telah memenuhi tujuan-tujuan dalam memenuhi kebutuhan anak berkebutuhan khusus yang mengikuti program keterampilan.

 

Kata Kunci: Sekolah Pendidikan, Autis, LSBA, Institusi



References


Arikunto S, Safrudin Cepi. 2014. Evaluasi Program Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta. Bumi Aksara.

Atmodiwirio, Soebagio.2005. Manajemen Pelatihan. Jakarta. Ardadizy Jaya.

Stuflebeum L, Daniel, dkk.2000. Evaluasi Program Pendidikan Luar Biasa. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Fauziah, A.T, Putri M, Lubis. Evaluasi Program Keterampilan Anak Berkebutuhan Khusus Di SLB ABC Taman Pendidikan Islam (TPI) Medan Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), Vol. 3 No. 12 Desember 2022.

Junanto, Subar, and Nur Arini Asmaul Kusna. “Evaluasi Program Pembelajaran Di PAUD Inklusi Dengan Model Context, Input, Process, and Product (CIPP).” Inklusi, vol. 5, no. 2, 2018, p. 179, doi:10.14421/ijds.050202

Munthe, Ashiong P. “PENTINGYA EVALUASI PROGRAM DI INSTITUSI PENDIDIKAN: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan Dan Manfaat.” Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, vol. 5, no. 2, 2015, p. 1, doi:10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14.

Sukardi. Evaluasi Pendidikan: Prinsip & Operasionalnya. Bumi Aksara, 2012.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v9i2.7311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.