Eksplorasi Bahasa dan Gaya Copywriting Instagram dalam Identitas Merek pada Akun @telkomselnow
Abstract
Penelitian ini meneliti penggunaan bahasa dan gaya copywriting pada akun Instagram @telkomselnow dalam membangun identitas merek mereka. Dengan semakin meningkatnya peran media sosial dalam strategi pemasaran, terutama Instagram sebagai platform yang populer, penelitian ini menjadi relevan untuk memahami bagaimana merek memanfaatkan bahasa dan gaya copywriting untuk berinteraksi dengan audiens mereka. Melalui pendekatan kualitatif deskriptif, analisis dilakukan terhadap postingan Instagram dari @telkomselnow untuk mengidentifikasi pola-pola bahasa dan gaya copywriting yang digunakan. Hasil analisis menunjukkan bahwa penggunaan gaya bahasa seperti Klimaks, Hiperbola, Erotesis, Personifikasi, dan Koreksio, serta penerapan tiga aspek gaya copywriting yaitu Interest, Desire, dan Action yang digunakan dalam postingan akun Instagram @telkomselnow. Selain itu, teridentifikasi pula tiga tujuan khusus dalam mencerminkan identitas merek @telkomselnow yaitu Eksploratif, Naratif, dan Informatif. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang strategi komunikasi merek melalui media sosial khususnya Instagram, serta memberikan wawasan yang berharga bagi praktisi public relations dalam memperkuat identitas merek dan meningkatkan interaksi dengan audiens dalam lingkungan digital yang semakin kompleks.
Kata Kunci: Bahasa, Copywriting, Identitas Merek, Instagram
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Kholifah, U. 2020. Analisis Kesalahan Gaya Berbahasa Pada Sosial Media Instagram dalam Caption dan Komentar. Jurnal NUSA, 15(3), 352–364.
Kreswell, J. W. 2018. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Los Angeles: Sage Publications
Leliana, I., & Kussanti, D. P. 2018. Efektifitas Program Employee Relations Terhadap Motivasi Kerja Karyawan PT Adira Dinamika Multifinance. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18 (2), 179-184.
Mahdiya, S. G. 2023. Penggunaan Majas Hiperbola pada Iklan Produk Milna Makanan Bayi di Televisi. Jurnal Education and Learning, 3(1), 85–90.
Normawati, M. S., & Priliantini, A. 2018. Pengaruh Kampanye “Let’S Disconnect To Connect” Terhadap Sikap Anti Phubbing (Survei Pada Followers Official Account Line Starbucks Indonesia) Influence of the Campaign “Let’S Disconnect To Connect” on Anti Phubbing Attitude (Survey in Line Starbucks Indo. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 155–164.
Nurjanah, A., & Nurnisya, F. Y. 2018. Pemanfaatan Digital Public Relations (PR) dalam Sosialisasi Tagline “Jogja Istimewa” Humas Pemerintah Kota Yogyakarta. Jurnal Aristo, 4(1).
Permatasari, B. 2023. Penerapan Copywriting Untuk Optimalisasi Digital Marketing Bagi Guru SMK Kridawisata Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(4), 191–197.
Primariz, E. 2024. Personifikasi dalam Puisi pada Akun Instagram @tukangpuisikatapilar. Jurnal Pendidikan, 8(2), 100–105.
Ramadhan, K. M. 2024. Bahasa Iklan dengan Teknik Copywriting. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra, 10(1), 618–630.
Rapi, M. 2022. Analisis Gaya Bahasa Online Shop di Media Sosial Instagram. Jurnal Konsepsi, 11(1), 29–35.
Ravsanjani, M., Rahayu, A., & Dirgantari, P. 2023. Brand Identity Implementation and Brand Awareness Formation Case Study: Tweely. Journal La Sociale, 4, 448–454.
Rima, L. 2022. Analisis Gaya Bahasa pada Postingan Akun Instagram @kumpulan_puisi. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 11(2), 175–185.
Shaw, M. 2009. Copywriting: Successful Writing for Design, Advertising, Marketing. Hachette UK.
Sinta, R. 2022. Penggunaan Gaya Bahasa dalam Media Sosial Instagram pada Akun Mario Teguh. Jurnal Diksatrasi, 350–362.
Sintha, N. 2023. Penggunaan Gaya Bahasa Pada Artikel Di Website Travelxism Sebagai Bentuk Copywriting Guna Branding Pariwisata Indonesia. Jurnal Sapala.
Sukaemi, L. H. 2023. Copywriting for Teenagers Personal Branding on Social Media Pemanfaatan Copywriting. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 433–444.
Suleman, D. 2023. Strategi Copywriting Untuk Menulis Promosi Offline Atau Online. PaKMas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 1-6.
Tamila Kartsivadze. 2022. Copywriting in Social Media. International Journal of Innovative Technologies in Economy, 2412–8368.
Tamitiadini, D., & Lutfianto, D. 2019. Representasi Brand Identity Dalam Webseries Sebagai Alternatif Media Periklanan. SEMIOTIKA: Jurnal Komunikasi, 13(1).
Telkomsel. (n.d.). Telkomsel Instagram. Telkomsel.
Watie, E. D. S. 2016. Komunikasi dan Media sosial (Communications and Social Media). Journal The Messenger, 3(2), 69-74.
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v10i1.7472
Refbacks
- There are currently no refbacks.