Hubungan Terpaan Iklan Televisi NutriSari Edisi Milky 2024 dengan Minat Beli Konsumen

Shafa Nabila Lubis, David Rizar Nugroho

Abstract


Promosi berperan strategis dalam membangun hubungan antara bisnis dan pelanggan, tidak hanya sebagai alat peningkatan penjualan tetapi juga penciptaan loyalitas jangka panjang. Iklan televisi sebagai salah satu bagian integral promosi tetap signifikan di Indonesia meskipun terdapat dominasi iklan digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara terpaan iklan televisi NutriSari Edisi Milky 2024 dengan minat beli konsumen. Metode penelitian menggabungkan analisis deskriptif dan analisis inferensial menggunakan uji korelasi Spearman Rank guna mengukur hubungan variabel. Proses pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 27 sebagai alat bantu analisis statistik. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 97 responden dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa terdapat hubungan signifikan antara terpaan iklan televisi NutriSari Edisi Milky 2024 dengan minat beli konsumen (ρ = 0,61, Sig.  <0,001).

 

Kata Kunci: iklan televisi, komunikasi pemasaran, minat beli konsumen, nutrisari, terpaan iklan.


References


Adi RH. 2022. Hubungan Terpaan Iklan Smartphone Samsung dan Intensitas Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone Samsung. [skripsi]. Semarang: Universitas Diponegoro.

Alliriansah, Sugiharto V, Lubis M. 2024. Pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian air minum dalam kemasan. Maslahah: Jurnal Manajemen dan Ekonomi Syariah. 2(4):94-110. doi: https://doi.org/10.59059/maslahah.v2i4.1659.

Amrudiin, Priyanda R, Agustina TS, Ariantini NS, Rusmayani NGAL, Aslindar DA, Ningsih KP, Putranto P, Yuniati I, Untari I, Mujiani S, Wicaksono D. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif. Ed ke-1. Kabupaten Sukoharjo(ID): Pradina Pustaka.

Aprilianti BS, Hasbi H. 2024. Pengaruh penerapan periklanan dan pemasaran berbasis online terhadap minat beli konsumen. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. 5(3):361-368. doi: https://doi.org/10.38035/jmpis.v5i3.

Batra R, Myers JG, Aaker DA. 1996. Advertising Management. New Jersey (US): Prentice Hall. [diakses 2025 Feb 14]. Tersedia pada: https://g.co/kgs/wrQNjUe.

Creswell JW, Creswell JD. 2022. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. New York(US): SAGE Publications. [diakses 2025 Feb 2]. Tersedia pada: https://g.co/kgs/oFb94aT.

Juska JM. 2021. Integrated Marketing Communication: Advertising and Promotion in a Digital World. New York(US): Routledge. [diakses 2025 Feb 14]. Tersedia pada: https://g.co/kgs/MU4SUpR.

Kotler P, Keller KL. 2021. Marketing Management. London(EN): Pearson Education. [diakses 2025 Feb 14]. Tersedia pada: https://g.co/kgs/YzeyYdD.

Lavidge RJ, Steiner G A. 1961. A model for predictive measurements of advertising effectiveness. Journal of Marketing. 25(6):59-62. doi: https://doi.org/10.1177/002224296102500611.

Nielsen. 2024. Annual Marketing Report 2024. [diakses 2025 Feb 14]. Tersedia pada: https://www.nielsen.com/id/insights/2024/maximizing-roi-in-a-fragmented-world-nielsen-annual-marketing-report/.

Robinson S. B. & Leonard K. F. 2025. Designing Quality Survey Questions. Ed ke-2. Oregon(US): SAGE.

Rukminto D, Purwanto R, Suryani Y. 2020. Managing Brand Strategy of Nutrisari. https://id.scribd.com/doc/7332822/Managing-Brand-Strategy-of-Nutrisari.

Sari NA, Predekso T. 2021. Hubungan Terpaan Iklan Mie Sedaap Di Televisi Dan Citra Merek Dengan Minat Beli Produk Mie Sedaap. Interaksi Online, 9(1):302-308. Retrieved from https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/interaksionline/article/view/29860.

Sutisna I. 2020. Statistika penelitian teknik analisis data penelitian kuantitatif [disertasi]. Gorontalo(ID):Universitas Negeri Gorontalo.

We Are Social. Digital 2025 Indonesia Report. [diakses 2025 Feb 25]. Tersedia pada: https://wearesocial.com/id/blog/2025/02/digital-2025/.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v11i2.8287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sinta Google Scholar Garuda BASE
Mendeley iThenticate ISSN Crossref
Dimensions APJIKI ISKI