SOCIAL MEDIA CONTENT AS A MEDIUM TO PROMOTE AGRICULTURE TO GEN Z BY @TANDURIA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Arum, L. S., Zahrani, A., & Duha, N. A. (2023). Karakteristik Generasi Z dan Kesiapannya dalam Menghadapi Bonus Demografi 2030. Accounting Student Research Journal, 2(1), 59–72.
Aulia Alba, R., & Kurnia Sari, L. (2023). Determinan Kemiskinan Ditinjau dari Pengaruh Sektor Pertanian Indonesia Tahun 2014-2018. Cakrawala Repositori IMWI, 6(1), 246–259. https://doi.org/10.52851/cakrawala.v6i1.154
Aulia, M. M. R., & Christin, M. (2024). Etika Komunikasi Generasi Z Dan Generasi Milenial Dalam Media Sosial Tiktok. e-Proceedings of Management, 11(6).
Badan Pusat Statistik. (2022). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia tahun 2022 mencapai 72,91, meningkat 0,62 poin (0,86 persen) dibandingkan tahun sebelumnya (72,29). Diambil 24 Oktober 2023, dari https://www.bps.go.id/pressrelease/2022/11/15/1931/indeks-pembangunan-manusia--ipm--indonesia-tahun-2022-mencapai-72-91--meningkat-0-62-poin--0-86-persen--dibandingkan-tahun-sebelumnya--72-29-.html#:~:text=Youtube-,Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indones
Bulut, D. (2023). The Association between Attention Impairments and the Internet and Social Media Usage among Adolescents and Young Adults with Potential Consequences: A Review of Literature. Psychology, 14(08), 1310–1321. https://doi.org/10.4236/psych.2023.148073
Deviona, E., & Alamiyah, S. S. (2024). Hiperrealitas dan Perubahan Gaya Komunikasi Gen Z pada TikTok. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 13412–13417.
FAO. (2021). World Food and Agriculture – Statistical Yearbook 2021. Rome: FAO. https://doi.org/10.4060/cb4477en
FAO. (2022). FAOSTAT. Diambil 20 Mei 2025, dari https://www.fao.org/faostat/en/#data
Fauzi, I. (2024). Utilization of Interpersonal Communication in the Context of Digital Marketing: A Review of the Literature and Implications for Business Practices. Join: Journal of Social Science, 1(3), 208–218. https://doi.org/10.59613/4kwjsz54
Hamzah, P., Syaifuddin, S., Rachmat, R., & Hs, A. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL SEBAGAI SUMBER INFORMASI PERTANIAN BAGI PETANI. Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan, 18(2), 109–117. https://doi.org/10.52625/j-agr-sosekpenyuluhan.v18i2.249
Hidayatullah, M. S., Rusnawati, R., Belaroza, G., Nabiyina, B. A. C., & Laksana, A. (2025). Peran Digital dalam Membentuk Pola Interaksi Komunikasi Interpersonal Generasi Z. SABER: Jurnal Teknik Informatika, Sains dan Ilmu Komunikasi, 3(1), 40–45.
Kementan RI. (2023). Statistik Pertanian (Agricultural Statistic) 2023 (Anna Astri). Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian Republik Indonesia.
Kepmentan RI. (2021). Rencana Strategis Kementerian Pertanian Tahun 2020-2024. Jakarta: Kementerian Pertanian. Diambil dari https://bpmsph.ditjenpkh.pertanian.go.id/storage/master/file/DXOdcCmc_RENSTRA-KEMENTAN-2020-2024-REVISI-2-26-Agt-2021.pdf
Koapah, H. P., & Arya, R. A. (2024). Efektivitas Strategi Iklan Online dan Interaksi Sosial dalam Mempengaruhi Niat Pembelian Gen Z. YUME: Journal of Management, 7(2).
Kusuma, F. A., Limantara, V., Gracia, G., & Sudimin, T. (2024). Etika Periklanan pada Era Digital: Hoax dan Penipuan. Jurnal Locus Penelitian dan Pengabdian, 3(7), 604–613. https://doi.org/10.58344/locus.v3i7.2944
Mok, H.-F., Williamson, V. G., Grove, J. R., Burry, K., Barker, S. F., & Hamilton, A. J. (2014). Strawberry fields forever? Urban agriculture in developed countries: a review. Agronomy for Sustainable Development, 34(1), 21–43. https://doi.org/10.1007/s13593-013-0156-7
Restiatun, R., Udi, K., & Rosyadi, R. (2023). PENGARUH PERTUMBUHAN SEKTOR PERTANIAN, JUMLAH PEKERJA SEKTOR PERTANIAN DAN NILAI TUKAR PETANI TERHADAP TINGKAT KEMISKINAN PERDESAAN DI INDONESIA. Jurnal Ekonomi Pembangunan, 12(1), 42–53. https://doi.org/10.23960/jep.v12i1.977
Rubin, A. M. (2009). Uses and gratifications. The SAGE handbook of media processes and effects, 147(159), 246–268.
Sabarella, Saida, M. D. N., Komalasari, W. B., Manurung, M., Sehusman, Supriyat, Y., … Amara, V. D. (2023). Analisis PDB Sektor Pertanian Tahun 2023. Jakarta: Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian.
Sadono, D. (2008). Pemberdayaan Petani : Paradigma Baru Penyuluhan Pertanian Di Indonesia. JUrnal Penyuluhan, 4(1).
Seemiller, C., & Grace, M. (2016). Generation Z Goes to College. New York: Jossey-Bass.
Sitanggang, A. S., Nazhif, D. N., Ar-Razi, M. H., & Buaton, M. A. F. (2024). Efektivitas Strategi Digital Marketing di Media Sosial: Studi Kasus Facebook, Instagram, dan Tiktok Generasi Z. MASMAN : Master Manajemen, 2(3), 233–241. https://doi.org/10.59603/masman.v2i3.489
Solihin, O., Anggreany, S., Rais, R., & Siregar, B. (2023). Komunikasi Digital Untuk Motivasi Generasi Z Meningkatkan Keterlibatan Dalam Bidang Pertanian Indonesia. In Forum Penelitian Agro Ekonomi (Vol. 41, hal. 79–95).
Takaredas, R., Baruwadi, M., & Akib, F. H. Y. (2024). HUBUNGAN ANTARA KONTRIBUSI SEKTOR PERTANIAN PADA PDRB DENGAN TINGKAT KEMISKINAN DI PROVINSI GORONTALO. Jurnal Studi Ekonomi dan Pembangunan, 1(3). https://doi.org/10.37905/jsep.v1i3.23845
Thomaier, S., Specht, K., Henckel, D., Dierich, A., Siebert, R., Freisinger, U. B., & Sawicka, M. (2015). Farming in and on urban buildings: Present practice and specific novelties of Zero-Acreage Farming (ZFarming). Renewable Agriculture and Food Systems, 30(1), 43–54. https://doi.org/10.1017/S1742170514000143
World Bank Group. (2022). The World Bank Supports Indonesia’s Agriculture Sector to Become More Resilient and Inclusive. Diambil 20 Mei 2025, dari https://www.worldbank.org/en/news/press-release/2022/09/09/the-world-bank-supports-indonesia-agriculture-sector-to-become-more-resilient-and-inclusive
Xu, X., Yang, L., Yip, D., Fan, M., Wei, Z., & Qu, H. (2022). From ‘Wow’ to ‘Why’: Guidelines for Creating the Opening of a Data Video with Cinematic Styles. In CHI Conference on Human Factors in Computing Systems (hal. 1–20). New York, NY, USA: ACM. https://doi.org/10.1145/3491102.3501896
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v11i1.8375
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | | |
![]() | ![]() | ![]() |