Pelanggaran Kode Etik Profesi Public Relations Dalam Film “Bombshell 2019”

Selly Agustin, Ainur Rochmaniah

Abstract


Film Bombshell adalah drama biografis yang mengangkat skandal pelecehan seksual di Fox News, dimana Roger Ailes dituduh melecehkan pekerja wanita dan meminta hubungan seksual sebagai syarat untuk kemajuaan karir. Karakter Roger Ailes dalam film Bombshell secara jelas menggambarkan pelanggaran kode etik profesi PRSA melalui tindakan-tindakannya yang tidak etis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelanggaran kode etik profesi Public Relations yang terdapat dalam film "Bombshell" (2019) menggunakan pendekatan semiotika berdasarkan teori Charles Sanders Peirce. Fokus penelitian pada prinsip-prinsip etika yang diatur oleh Public Relations Society of America (PRSA), Metode yang digunakan meliputi observasi, pencatatan adegan, dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pimpinan perusahaan telah melakukan pelanggaran nilai-nilai kode etik PRSA yaitu Honesty, Advocacy, Expertise, Independence, Loyalty, dan Fairness. Temuan ini diharapkan dapat memperkaya pemahaman tentang etika dalam Public Relations dan relevansinya dalam praktik profesional saat ini, serta mendorong refleksi kritis di kalangan profesional terhadap pelanggaran etika yang ada di tempat kerja.

References


Abiet, W. L., & Prastiwi, Y. (2022). Against sexual harassment in workplace as seen in Bombshell movie (2019). Rainbow: Journal of Literature, Linguistics and Culture Studies, 11(1), 50–56. https://doi.org/10.15294/rainbow.v11i1.50774

Aldita, D. (2014). Analisis isi film Wag the Dog tentang pelanggaran kode etik humas. E-Journal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman, 2(4), 75–87.

Ananda, M. T. U. (2022). Analisis semiotika Charles Sanders Peirce pada logo baru PT Kereta Api Indonesia (Persero) [Skripsi, Universitas Semarang]. eSkripsi. https://eskripsi.usm.ac.id/files/skripsi/G31A/2018/G.331.18.0121/G.331.18.0121-15-File-Komplit-20220901021824.pdf

Ashari, A. A. A. (2022). Analisis isi etika public relations dalam video debat publik pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis periode 2021–2026 [Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau]. Repositori UIN Suska. http://repository.uin-suska.ac.id/60452/

Baldan, F. M., & Septiyani, R. E. (2023). Analisis semiotika dalam iklan rokok “Wismilak Diplomat – Switch to Success, arti sebuah kesuksesan”: Kajian semiotika Roland Barthes. Jurnal Sinestesia, 13(1), 26–41. https://sinestesia.pustaka.my.id/index.php/journal/article/view/283

International Public Relations Association. (2011). Kode etik IPRA. https://www.ipra.org

Firanti, T. A., Duku, S., & Yahya, A. H. (2024). Interpretasi jurnalis perempuan Kota Palembang terhadap feminisme di film Bombshell. Social Science and Contemporary Issues Journal, 2(2), 431–439. https://doi.org/10.59388/sscij.v2i2.436

Irhami, A. F., Aesthetika, N. M., Rochmaniah, A., & Jalilovna, J. L. (2024). Representation of family communication in Wonder movie (Proceedings of ICNSSE 2023). Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-242-2_37

Kartika, E. W., & Supena, A. (2024). Analisis semiotika Charles Sanders Peirce dalam novel Pasung Jiwa karya Okky Madasari. Pena Literasi, 7(1), 94–101. https://doi.org/10.24853/pl.7.1.94-101

Lestari, D. A. (2021). Analisis semiotika pesan moral pada film Dua Garis Biru. Pantarei, 5(2), 1–8.

Lestari, N. A., Aggraeni, D., & Bowo, T. A. (2023). An analysis of existential feminism on Bombshell (2019) movie. Jurnal CULTURE (Culture, Language, and Literature Review), 10(2), 69–76. https://doi.org/10.53873/culture.v10i2.541

Mulyadi, A. I. (2022). Analisis semiotik “C.S. Peirce” dalam iklan televisi. Jurnal Ilmu Komunikasi Balayudha, 2(1), 25–26.

Nandiwardhana, B. (2020). Etika komunikasi public relations dalam menjaga citra perusahaan. JCommsci: Journal of Media and Communication Science, 3(3), 228–240. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v3i3.90

Rumui, E. (2016). Analisis isi mengenai pelanggaran kode etik profesi Public Relations dalam film Thank You for Smoking. Jurnal E-Komunikasi, 4(2).

Safira, M. Y. (2023). Sosial media sebagai media kampanye partai politik. Dawatuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(4), 1196–1208. https://doi.org/10.47476/dawatuna.v3i4.455

Safura, S. M. (2020). Analisis semiotika Peirce dalam representasi kecantikan perempuan Indonesia pada iklan Pantene Perfect On di situs web YouTube. Ilmu Komunikasi Journal.

Sari, M. P., Dilla, I. R., Fasha, M. A., & Maulana, R. R. (2022). Representasi pencarian makna diri pada film Soul (2020): Studi analisis semiotika Charles Sanders Peirce. Semiotika, 16(1), 43–50.

Udilawaty, S., & Hasan, A. D. (2022). Analisis semiotik Charles Sanders Peirce terhadap logo provinsi. Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 15(2), 410–428. http://journal.stekom.ac.id/index.php/pixelpage410

Ummah, M. S. (2019). Semiotika: Teori dan aplikasi pada karya sastra.

Usman, N. H. (2017). Representasi nilai toleransi antarumat beragama dalam film Aisyah: Biarkan Kami Bersaudara [Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar]. Repositori UIN Alauddin. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/8433/

Wandari, A. A. (2021). Analisis semiotika representasi pelanggaran kode etik public relation dalam film The Ides of March.




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v11i2.8673

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Sinta Google Scholar Garuda BASE
Mendeley iThenticate ISSN Crossref
Dimensions APJIKI ISKI