Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Sukabumi sebagai Media Informasi Masyarakat
Abstract
Perkembangan media sosial telah mendorong lembaga pemerintah untuk menjadi lebih transparan dalam menyebarkan informasi publik secara cepat, luas, dan interaktif. Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Sukabumi memanfaatkan Instagram sebagai salah satu strategi komunikasi publiknya untuk memastikan warga dapat mengakses informasi dengan mudah dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Diskominfo Kota Sukabumi memanfaatkan Instagram dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam mengoptimalkan media sosial sebagai sarana penyebaran informasi publik. Metode penelitian meliputi observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Kerangka teoritis yang digunakan adalah Teori Media Baru karya Pierre Levy. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun Instagram memiliki beberapa fungsi penting, yaitu sebagai media penyebaran informasi publik dan literasi digital, saluran interaksi dan layanan publik, platform publikasi kreatif bagi pemerintah, serta alat untuk memantau dan mengevaluasi keterlibatan pengguna. Tantangan utama yang diidentifikasi meliputi keterbatasan sumber daya manusia dan anggaran, kesulitan dalam memilih dan memverifikasi konten yang akurat, serta rendahnya keterlibatan publik. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa strategi diusulkan, termasuk mengoptimalkan distribusi tugas dan kolaborasi, menerapkan sistem verifikasi berlapis, serta mengembangkan konten yang lebih kreatif dan interaktif untuk meningkatkan partisipasi warga.
Kata Kunci: Diskominfo, Instagram, Komunikasi Publik, Media Baru, Transparansi Informasi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
JURNAL
Darmayanti, A., Delima, I.D., Suseno, A. 2023. "Pemanfaatan media sosial sebagai media informasi dan publikasi (studi deskriptif kualitatif pada akun instagram @rumahkimkotatangerang)", dalam Jurnal Publikasi Ilmu Komunikasi Media Dan Cinema Volume 6 No 1, halaman 173 - 190.
Degedona, L. P., Raja, R. L., Buulolo, T. J. 2021. “Implementasi kinerja UU No 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik pelayanan informasi dan komunikasi”, dalam Jurnal Ilmu Sosial dan Politik Volume 1 No 2, halaman 242-256.
Fatma, E., Syahrani, R. A. 2024. “Pemanfaatan media sosial di Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Kabupaten Aceh Barat sebagai komunikasi publik di Aceh Barat.”, dalam Jurnal Sosial dan Teknologi Volume 4 No 8, halaman 639-650.
Kamanda, S. V. 2023. “Pengaruh fitur live terhadap keputusan pembelian produk pada pelanggan e-commerce shopee.”, dalam Jurnal AL-AMAL Volume 2 No 1, halaman 1-7.
Lubis, S. N., Nasution, M. I. P. 2023. “Pemanfaatan media sosial instagram sebagai media informasi pada akun @medantalk”, dalam Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Manajemen Volume 1 No 4, halaman 254-257.
Maharani, R. A., Usiono. 2024. “Peran media digital dalam meningkatkan keterlibatan dan partisipasi publik: transformasi komunikasi di era informasi dan sosial”, dalam Jurnal Sains Student Research Volume 2 No 6, halaman 506 - 513.
Marta, R. 2023. “Strategi komunikasi efektif untuk layanan perpustakaan perguruan tinggi.”, dalam Al- Ma'arif: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Islam Volume 3 No 1, halaman 109 - 122.
Noventa, C., Soraya, L., Muntazah, A. 2023. “Pemanfaatan Media Sosial Instagram BuddykKu sebagai Sarana Informasi Terkini”, dalam Jurnal JKOMDIS Volume 3 No 3, halaman 626-635.
Sari, M. S., Zefri, M. 2019. “Pengaruh akuntabilitas, pengetahuan, dan pengalaman pegawai negeri sipil beserta Kelompok Masyarakat (Pokmas) terhadap kualitas pengelola dana kelurahan di lingkungan Kecamatan Langkapura.”, dalam Jurnal Ekonomi. Volume 21 No 3, halaman 308-316.
Sunarya, P. A., Alfeno, S., Sartika, L. 2021. “Perancangan Video Company Profile Sebagai Penunjang Informasi Pada SMK Kartika X – 1.” dalam Raharja Volume 7 No 1, halaman 90 - 99.
Suryadharma, B., Susanto, T. D. 2017. “Faktor penerimaan media sosial instansi pemerintah di Indonesia.”, dalam Journal Of Information Technology Volume 2 No 2, halaman 1-10.
Widiyanti, Gushevinalti, Perdana, D. D. 2024. “Fenomena Fear of Missing Out (FOMO) Pada Generasi Z Pengguna Media Sosial Instagram.”, dalam Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 10 No 1, halaman 54-64.
Widyaputri, N., Suwu, E. A., Tumiwa, J. 2022. “Analisis pemanfaatan aplikasi instagram dalam pemasaran bisnis online shop di Kota Manado.”, dalam Jurnal Ilmiah Society Volume 2 No 2, halaman 1-9.
BUKU
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung:Alfabeta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuntitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v11i2.9046
Refbacks
- There are currently no refbacks.
| | | |
| | | |
| | |





