Inovasi Online Gaming PT. Gameloft Indonesia Sebagai Bentuk Promosi Daerah Yogyakarta di Pasar MEA

vidya kusumawardani

Abstract


Inovasi Permainan online yang dihasilkan oleh Gameloft telah merambah pangsa pasar internasional, terbukti melalui produk digital yang telah dihasilkannya, mampu menjadikan PT. Gameloft sebagai distributor permainan digital terbesar di dunia, termasuk di Asia Tenggara. Meskipun  begitu, masih terdapat masalah yang dihadapi yaitu:Apakah produk digital yang dihasilkan oleh PT. Gameloft Indonesia telah mampu memperkenalkan budaya Yogyakarta di pasar MEA? Mengingat PT. Gameloft berlokasi di Yogyakarta. Untuk menjawab permasalahan tersebut, kami menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskiptif yang dilakukan melalui proses wawancara tidak terstruktur kepada beberapa instansi terkait diantaranya kepada Disperindag Yogyakarta dan PT. Gameloft Indonesia dengan metode analisis interaktif. Melalui metode analisis interaktif yang dilakukan dengan proses wawancara kepada Disperindag Yogyakarta dan PT.Gameloft Indonesia selama bulan Juli-Agustus 2017, maka diperoleh hasil bahwa produk yang dihasilkan oleh PT. Gameloft Indonesia belum mampu memperkenalkan budaya Yogyakarta di pangsa pasar MEA dikarenakan produk-produknya masih terpengaruh dengan budaya barat. Hal ini terjadi dikarenakan belum adanya pemahaman yang baik antara Gameloft, Pemda Yogyakarta terkait dengan sosialisasi 4K (Keraton, Kampung, Kampus dan Keprajan).

Kata kunci: Difusi inovasi, permainan online, gameloft, identitas Yogyakarta, 4K


Full Text:

PDF

References


Badan Ekonomi Kreatif. Diakses dari http://www.bekraf.go.id/profil Tanggal 6 Mei 2017

B.Mattey Miles and Michael Huberman. 2004. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press, Jakarta.

B.Miles Matthew & Huberman. A Michael. Qualitative Data Analysis: An Expanded Source Book (Thousands Oks, CA: Sage Publications,1994

Dilla, Sumadi. 2007. Komunikasi Pembangunan Pendekatan Terpadu. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

L. Formaini, Robert. Economic Insight. Theory of Free International Trade Federal Reserve Bank of Dallas. Vol 9 No 2

Oda. Tribunnews. 2015. “Industri Kreatif Digital Terus Tumbuh di Yogya”. Diakses dari http://jogja.tribunnews.com/2015/08/24/industri-kreatif-digital-terus-tumbuh-di-yogya Tanggal 20 Mei 2017

Prasetya.Glenn.Tech In Asia. 2014. “10 Game Terbaik Dari Gameloft Untuk Android dan IOS”. Diakses dari https://id.techinasia.com/10-game-terbaik-dari-gameloft-untuk-android-ios Tanggal 19 Oktober 2017

Sartika, Ariny. 2015. “Strategi Komunikasi Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Dalam Melakukan Sosialisasi HIV/AIDS di Kota Samarinda”. Diakses dari http://www. ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id

The ASEAN Secretariat Jakarta,"ASEAN Economic Community Blueprint 2025", Jakarta

The ASEAN Secretariat Jakarta, "Initiative for ASEAN Integration (IAI) and Narrowing the Development Gap (NDG)", Jakarta




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v3i2.1068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.