Relasi Antara Opini Publik dan Media Massa (Pembentukan Opini Publik melalui Iklan Politik di MNC dan Metro TV)

danang trijayanto

Abstract


Opini publik merupakan suara dari sekelompok orang yang bersifat umum menjadi permasalahan bersama. Permasalahan-permasalahan tersebut menjadi perhatian bersama ketika sebagian besar masyarakat merasakan hal yang sama atau apa yang menjadi masalah sekelompok orang juga harus menjadi tanggung jawab yang perlu untuk diatasi dan ditemukan solusinya. Orang-orang yang berkedudukan sebagai elit politik dan memiliki kepentingan pada kekuasaan tentu membutuhkan massa yang menjadi unsur penting dalam mencapai tujuannya. Tujuan tersebut dicapai tentu dengan cara yang efektif dapat memberikan efek pada sejumlah kelompok masyarakat. Efek yang diharapkan adalah respon positif masyarakat sehingga respon tersebut menjadi dukungan bagi elit politik. Cara yang efektif tersebut adalah dengan dengan kampanye model media massa, yaitu menyampaikan gagasan-gagasan baik yang dianggap sebagai opini publik melalui iklan politik. Melalui paper ini, dijelaskan hubungan antara opini publik dan media massa, yang berfokus pada perkembangan kampanye melalui iklan politik melalui televisi.

Kata Kunci: Opini Publik, Media Massa, Iklan, Politik

Full Text:

PDF

References


Gama, Betty dan Nunun Tri Widarwati, Hubungan Antara Kampanye Kandidat Kepala Daerah dan Perilaku Pemilih Partisipasi Politik Wanita (Studi pada Ibu-Ibu Rumah Tangga dalam Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah di Kabupaten Sukoharjo), Jurnal Ilmiah SCRIPTURA, Vol. 2, No. 1, Januari 2008.

Hamad, Ibnu. Media above the line dan Below the line dalam Pilkada, Jurnal Desentralisasi Vol. 6 No. 4 Tahun 2005.

McNair, Brian. 1995. An Introduction to Political Communication. London: Routledge.

Misbach Hadjdjini, Survei LSI: Golkar Jawara, Demokrat Ketiga, Nasdem Mengejutkan, http://www.inspirasi-usaha.com/berita-1895-survei-lsi-golkar-jawara-demokrat-ketiga-nasdem-mengejutkan.html (diakses 19 April 2012)

Republika, Alhamdulillah, Kini di Indonesia Makin Banyak Orang Tionghoa yang Kembali Memeluk Islam, http://un2kmu.wordpress.com/2010/07/14/alhamdulillah-kini-di-indonesia-makin-banyak-orang-tionghoa-yang-kembali-memeluk-islam/ (diakses 19 April 2012)

Ridho Imawan Hanafi, Efek Media dan Suara Parpol, http://cps-sss.org/?p=458 (diakses 19 April 2012)

Wikipedia, Metro Xin Wen, http://id.wikipedia.org/wiki/ Metro_Xin_Wen (diakses 19 April 2012)

Wikipedia, Nasional Demokrat (Indonesia),

http://id.wikipedia.org/wiki/Nasional_Demokrat_%28Indonesia%29 (diakses 19 April 2012)




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v1i2.107

Refbacks

  • There are currently no refbacks.