PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP PERILAKU PERMISIF PENGGUNAAN INTERNET SISWA SMA NEGERI 2 CIBINONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran e-learning terhadap perilaku permisif penggunaan internet pada siswa SMA Negeri 2 Cibinong Bogor, sehingga diharapkan staf pengajar atau guru mampu merancang kurikulum berbasis internet bagi siswa yang efektif dan tepat sasaran, selain dapat mengontrol penggunaan internet yang sehat bagi siswa.Sekolah yang dijadikan objek penelitian adalah SMA Negeri 2 Cibinong, kelas X, XI dan XII, dengan jumlah responden 108 siswa. Metode yang dipergunakan metode survey, dengan pendekatan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik analisis menggunakan alat ukur : Korelasi Rank-Order (Spearman’s Rho Rank Order Correlations). Hasil analisis korelasi Rank Spearman diperoleh nilai koefisien korelasi (rho) sebesar 0,875 (materi pembelajaran) dan 0,877 (bahan tugas sekolah) dengan signifikansi p<α (0,000<0,05) diterima pada tarafsignifikansi 5%. Artinya semakin tinggi penggunaan internet untuk akses materi pembelajaran dan bahan tugas sekolah (pembelajaran e-learning), maka semakin tinggi pula perilaku permisif dalam penggunaan internet. Dalam penggunaan media lain, penggunaan internet adalah negatif sebesar -0,505 dengan signifikansi p<α (0,001<0,05), maka hipotesis diterima. Artinya terdapat hubungan negatif yang signifikan antara penggunaan media lain dengan perilaku penggunaan internet. Nilai koefisien korelasi adalah sebesar negatif -0,598, berada pada tingkat tinggi (kuat), sehingga antara penggunaan media lain dengan perilaku penggunaan internet memiliki hubungan yang erat. Artinya semakin tinggi penggunaan media lain, maka semakin rendah perilaku permisif siswa dalam menggunakan internet.
Kata Kunci : Pembelajaran E-learning, Perilaku Siswa, Penggunaan Internet
Full Text:
PDFReferences
Kartono, Kartini. (2002) ,Psikologi Anak. Bandung: Mandar Maju
Kriyantono, Rachmat. (2010). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenada Media Group.
Mulyana, Deddy. (2005). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nurudin & Hidayat Nur Dedy. (2007) Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada
Rusman. (2012) Belajar dan Pembelajaran Berbasis komputer. Bandung: Allfabeta. Rusman,
Deni K & Cepi R. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Singarimbun, Masri & Sofian, Effendi. (2005). Metode Penelitian Survai. Jakarta: LP3ES.
Tjiptono, Fandi &Totok Budi Santoso. (2000) Strategi Riset Lewat Internet. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v4i2.1284
Refbacks
- There are currently no refbacks.