Strategi Pengelolaan Tiktok Sebagai Media Edukasi Public Speaking (Studi pada Akun Tiktok @neyrhiza)

Dinar Ayu chandra Agustin, YOAN PUTRI FERNANDA BALTHAZAR

Abstract


Tiktok memang menjadi tren dan budaya populer bagi generasi kini sejak adanya pandemic covid. Beberapa factor yang yang menjadi penyebab tingginya minat dalam menggunakan aplikasi tiktok yakni factor hiburan, factor pengetahuan dan factor ekonomi. Dari ketiga factor tersebut yang paling mendominasi adalah factor pengetahuan Hal tersebut juga diperkuat dengan dukungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia sebelumnya dalam program #SamaSamaBelajar yang diinisiasi oleh tiktok. Oleh karena itu muncul banyak konten creator yang memanfaatkan tiktok sebagai media edukasi, salah satunya adalah sara neyrhiza. Latar belakang sebagai praktisi dan akademisi dalam dunia public speaking membawanya untuk mengelola akun tiktok dan memanfaatkannya sebagai media edukasi public speaking. penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana strategi pengelolaan tiktok sebagai media edukasi public speaking yang dilakukan oleh Sarah Neyrhiza dalam akunnya @neyrhiza. Metode yang digunakan yakni kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengelola akun tiktok sebagai media edukasi public speaking, Sara Neyrhiza melalui tahap riset, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi

Full Text:

PDF

References


Amartha, M. R., & Anwar, F. (2023). Strategi Kreatif Membuat Konten Media Sosial TikTok Yang Diminati . Jurnal Sosial Dan Humaniora Vol. 1, No. 2, 259-270.

Annur, C. M. (2020, 5 18). Pengguna Tiktok Naik 20% Selama Pandemi, Terbanyak Konten Edukasi. Retrieved from katadata.co.id: https://katadata.co.id/digital/nasional/5ec2245aa8bc7/pengguna-tiktok-naik-20-selama-pandemi-terbanyak-konten-edukasi

CNN Indonesia. (2021, 12 26). Pandemi DInilai Picu Popularitas Tiktok Meroket. Retrieved from cnnindonesia.com: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20211225050405-185-738512/pandemi-dinilai-picu-popularitas-tiktok-meroket

Goodstat.id. (2023, 7 14). Negara Dengan Pengguna TikTok Terbanyak 2023, Indonesia Peringkat 2. Retrieved from Goodstat.id: https://data.goodstats.id/statistic/negara-dengan-pengguna-tiktok-terbanyak-2023-indonesia-peringkat-2-qRFyq

GreatNusa. (2023, 3 30). Social Media Engagement Adalah: Arti, Cara, dan Fungsinya. Retrieved from greatnusa.com: https://greatnusa.com/artikel/social-media-engagement-adalah/

Hasmawati, F. (2019). MANAJEMEN DALAM KOMUNIKASI. Al-Idarah Jurnal Pengkajian Dakwah dan Manajemen, 1-11.

Maharani, A., & dkk. (2024). Strategi Pengelolaan Akun Tiktok Edukatif (Studi Kasus Pada Akun Tiktok @Buiramira) . TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 122.

Mahardika, S. V., Mau'na, I. I., & Islamiyah, Z. N. (2021). Social Science Educational Research, 52.

Rahmana, P. N., & dkk. (2022). PEMANFAATAN APLIKASI TIK TOK SEBAGAI MEDIA EDUKASI DI ERA GENERASI Z. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 401-410.

Santika, E. F. (2023, 9 27). Demografi Usia Pengguna TikTok Dunia (2022). Retrieved from databoks.id: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/09/27/kelompok-anak-muda-jadi-pengguna-terbesar-tiktok-usia-berapa-mereka

Social, W. A. (2021, 10 21). SOCIAL MEDIA USERS PASS THE 4.5 BILLION MARK. Retrieved from https://wearesocial.com/uk/blog/2021/10/social-media-users-pass-the-4-5-billion-mark/

Suhartini, F. (2021). Nilai Edukasi pada Aplikasi TikTok di Kalangan Remaja Kota Bandung. KOMUNIKASIANA Journal of Comunication Studies Vol 3 No 2, 138-146.

Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital. Prosiding Hubungan Masyarakat Vol 4 No 2, 438.

TikTok. (2023, 12 14). Mengupas Mitos dan Fakta Tentang TikTok, dari Kantor Pusat Hingga Penyimpanan Data. Retrieved from newsroom.tiktok.xom: https://newsroom.tiktok.com/in-id/mengupas-mitos-dan-fakta-tentang-tiktok-dari-kantor-pusat-hingga-penyimpanan-data




DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v10i1.6856

Refbacks

  • There are currently no refbacks.