Representasi Maskulinitas dalam Iklan “Bahasa Sasa” (2024)
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai representasi maskulinitas dalam iklan “Bahasa Sasa” dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena perubahan konstruksi maskulinitas dalam Masyarakat Indonesia yang tercermin dalam media, khususnya iklan. Iklan “Bahasa Sasa” menampilkan pergeseran peran gender di ranah domestic, di mana laki-laki digambarkan mengambil peran rumah tangga tanpa kehilangan identitas maskulinnya, sementara Perempuan mengejar karier. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kode dan tanda yang membentuk makna maskulinitas baru dalam iklan tersebut serta menganalisis bagaimana visual, teks, dan lagu dalam iklan berkontribusi terhadap pembentukan persepsi masyarakat tentang maskulinitas. Hasil penelitian diharapkan dapat memberikan kontribusi teoritis pada kajian gender dan semiotika, serta menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya mengenai representasi maskulinitas di media.
Kata Kunci: Representasi, Iklan, Semiotika, Maskulinitas Baru, Roland Barthes
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Azhar Pratama, M. A., Maskulinitas Pria Melalui Representasi Tayangan Iklan, S., & Anggi Azhar Pratama, M. (2023). Stereotip Maskulinitas Pria Melalui Representasi Tayangan Iklan (Analisis Semiotika Roland Barthes pada Iklan Head & Shoulders Versi Joe Taslim x Fadil Jaidi). JIM: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(3), 102–103. https://jurnal.alungcipta.com/index.php/JIM
Barthes, R. (2014). Mythologies. Hill and Wang.
Berger, A. A. (2005). Media Analysis Techniques Revised Edition The SAGE CommText Series. SAGE Publications. https://archive.org/details/mediaanalysistec0000berg_n4v0
Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.
Hartono, D. (2023). Maskulinitas dalam Iklan Pembersih Wajah Laki-laki (Analisis Semiotika Charles S. Peirce pada Iklan Garnier Men Joe Taslim). Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan, 6(1), 65–66. https://dictionary.cambridge.org
Hasanah, R., & Ratnaningtyas, P. (2022). Representasi Maskulinitas Perempuan dalam Drama Korea My Name. KOMUNIKASIANA Jurnal of Communication Studies, 4(1).
Kurniawan, A., Suryo, H., Si, M., & Siswanta, D. (2023). Pesan Moral Dalam Iklan Audio Visual Peluk Di Youtube (Kajian Semiotika Roland Barthes Dalam Iklan Blibli.com Edisi Hari Ibu) Moral Messages In Audio Visual Hug Advertisements On Youtube (Roland Barthes’ Semiotic Study On Blibli.com Ads, Mother’s Day Edition).
Nofriani, H., & Hasmira, M. H. (2021). Perubahan Makna Maskulinitas Pada Laki-Laki (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang). Jurnal Perspektif, 4(3), 507–508. https://doi.org/10.24036/perspektif.v4i3.463
Saputri, V. A., Jayaningsih, E., & Ferista, K. (2024). Representasi Peran Ganda Perempuan dalam Iklan Sasa Santan versi Sasayang. Jurnal Audiens, 4(4), 532. https://doi.org/10.18196/jas.v4i4.278
Shimp, T. A. (2014). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi (8th ed.). Penerbit Salemba Empat.
Srisadono, W., Miranda, A., & Lubis, A. Y. (2022). Representasi Maskulinitas Pada Iklan Skincare The Saem Urban Eco Harakeke Cream Versi Seventeen Di Youtube Representasi Maskulinitas Pada Iklan Skincare The Saem Urban Eco Harakeke Cream Versi Seventeen Di Youtube. Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies, 1(1), 42.
Sugiyono. (2020). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN KOMBINASI (MIXED METHODS) (2nd ed.). Penerbit Alfabeta.
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v11i1.8278
Refbacks
- There are currently no refbacks.
![]() | ![]() | ![]() | ![]() |
![]() | ![]() | | |
![]() | ![]() | ![]() |