Pengaruh Digital Marketing Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Iphone di Sidoarjo
Abstract
Perkembangan internet yang pesat mendorong kemajuan sektor telekomunikasi di Sidoarjo, termasuk meningkatnya penjualan produk iPhone yang banyak dipasarkan melalui media digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap minat beli konsumen pada produk iPhone di Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif, yang digunakan untuk menguji hubungan antara dua variabel, yaitu digital marketing (X) dan minat beli konsumen (Y). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner kepada 45 responden pengguna iPhone di wilayah Sidoarjo dengan menggunakan teknik purposive dan incidental sampling. Skala pengukuran yang digunakan adalah skala Likert 1–5. Data dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) berbasis SmartPLS 4 untuk menguji validitas, reliabilitas, dan pengaruh antarvariabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa digital marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk iPhone di Sidoarjo dengan nilai T hitung > 1,96 dan P value < 0,005. Hal ini membuktikan bahwa strategi pemasaran digital melalui media sosial, promosi online, website analitik, dan e-mail marketing mampu meningkatkan ketertarikan, kesadaran, serta keinginan konsumen untuk membeli produk Secara implikatif, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaku usaha smartphone perlu memperkuat strategi digital marketing untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan minat beli konsumen, khususnya melalui optimalisasi konten media sosial dan promosi interaktif. Penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi akademisi dan peneliti selanjutnya untuk mengembangkan studi serupa dengan menambahkan variabel lain seperti brand image atau kepercayaan konsumen.
Kata Kunci: Digital Marketing, Minat Beli, iPhone, Media Sosial, Pemasaran Online
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
AAz-Zahra, P., & Sukmalengkawati, A. (2022). Pengaruh Digital Marketing terhadap Minat Beli Konsumen pada Mooda Outfit Online di Shopee. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 6(3), 2008–2018. https://doi.org/10.31955/mea.v6i3.2573
Ernantyo, Y. E., & Febry, T. (2022). The Effect of Digital Marketing and Customer Relationship Marketing Implementation on Customer Satisfaction and Repurchase Intention at Kisah Kita Ngopi Cafe. K&K Journal of Management, 1(2), 107–127.
Jamani, R. (2024). Pemasaran digital & media sosial (Issue November).
Maulana, A. (2022). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Mitra Cendekia Media.
Niel Ananto, R. H. W., & Lumenta, C. F. (2022). Konsep dan Terapan Analisis SEM-PLS dengan SmartPLS 3. Medan: Mitra Cendekia Media.
Rahma, N., & Saputro, A. (2023). Manajemen Pemasaran Modern: Teori dan Implementasi. Jakarta: CV Literasi Nusantara.
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif: Panduan Praktis bagi Mahasiswa. Medan: Universitas Medan Area Press.
Syah, M. D., Ali, H., & Khan, M. A. (2024). Determinasi Minat Beli dan Keputusan Pembelian : Analisis Digital Marketing dan Kualitas Pelayanan pada Kedai Kopi Flos Cibitung. 2(3), 273–285.
Sawicki, A. (2024). Pemasaran Digital. World Scientific News, 48(1), 43–54
Vella, S. P., & Yulianti, N. (2025). Pengaruh Kualitas Produk, Minat Beli, dan Digital Marketing terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung di Kota Batam. ECo-Buss: Economics and Business, 8(1), 1–16. https://jurnal.kdi.or.id/index.php/eb/article/view/2880
Wardhana, A. (2024). Minat Beli Konsumen. Dalam P. Mahir Pradana (Ed.), Eureka Media Aksara.
Yulita, H., Hidajat, K., & Mulia, U. B. (2021). Pengaruh Adopsi Inovasi E-Learning terhadap Minat Belajar Mahasiswa yang Dimediasi oleh Motivasi Belajar pada Era New Normal. Journal of Business & Applied Management, 14(1), 27–44.
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v11i2.8880
Refbacks
- There are currently no refbacks.
| | | |
| | | |
| | |





