Penerimaan dalam E-Government (Studi Fenomenologi pada Pengguna Layanan Terpadu Satu Pintu di BPTSP DKI Jakarta
Abstract
Penelitian ini membahas impementasi e-government pada badan pelayanan terpadu satu pintu (BPTSP) DKI Jakarta yang berfokus pada objeknya adalah pengguna layanan di badan tersebut. Bagaimanakah Penerimaan e-governmentnya di badan tersebut merupakan rumusan masalah dari penelitian ini. Lahirnya Lembaga ini berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 12 tahun 2013 tentang penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, hanya saja berfokus pada pengguna pelayanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk melihat pengalaman dari para pengguna sistem layanan berbasis elektronik atau e-government yang sedang menjadi kewajiban setiap badan pemerintah untuk menerapkannya. Objek penelitian berjumlah lima orang. Hasil dari penelitian Penerimaan dari Implementasi e-government di Badan Pelayanan Terpadu satu Pintu, mencakup dua permasalahan. Pertama, permasalahan pada pengelola, dan yang kedua permasalahan pada penerimaan masyarakat. Permasalahan pada pengelolaan, yaitu masalah pada teknis atau dukungan pada sistem dan infrastruktur serta sumber daya manusia yaitu teknisi. Permasalahan pada penerimaan masyarakat, merupakan dampak dari sistem yang diberlakukan dalam pelayanan. Sistem dengan double mekanisme, membuat masyarakat merasa tidak efisien.
Kata kunci: Penerimaan, e-government, layanan, masyarakat, pengguna, BPTSP
Full Text:
PDFReferences
Al-Busaidy, M., & Weerakkody, V. E-government diffusion in Oman: a public sector employees’ perspective. Transforming Government: People, Process and Policy, 3(4), 375–393. https://doi.org/10.1108/17506160910997883, 2009, (Jurnak elektronik)
Araujo, R., Taher, Y., Heuvel van den, W.-J., & Cappelli, C. Evolving Government-Citizen Ties in Public Service Design and Delivery. Electronic Government and Electronic Participation: Joint Proceedings of Ongoing Research and Projects of IFIP EGOV and IFIP ePart 2013, 19–26. 2013 (jurnal)
Belakang, L., & Yazdi, M. Implementasi Web-Service pada Sistem Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Atap di Pemerintah Kota Palu. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan, 2012(Semantik), 450–457. 2012 (Prosiding)
Dewi Hernikawati dan Dana Indra Sensuse, dalam Uji validitas Indikator-indiaktor pemeringkata e-government Indonesia (PEGI) tingkat provinsi dengan analisis faktor. Jurnal Penelitian Pos dan Informatika. Volume 6. No. 1. Sepetember 2016. (Prosiding)
Elinda Dian Yunita, Siti Rochmah, S. Pelaksanaan Pelayanan Satu Pintu Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSDU dr. Saiful Anwar Malang Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal Administrasi Publik (JAP), 2(4), 673–679. 2014. (Jurnal)
Moleong, L.J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda karya. 2004. (Buku)
Nadyan Winastan, faktor keberhasilan implementasi government service bus di indonesia). Prosiding seminar “Tantangan dan Peluang dalam Pembangunana masyarakat informasi Indonesia. Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemetrian Komunikasi dan Informatika. hal 258. 2013. (Prosiding)
Wahyudi Kumorotomo. Pengembangan E-Government Untuk Peningkatan Transparansi Pelayanan Publik. In Konfrensi Administrasi Negara (p. 6). 2006 (Prosiding).
Berita Tekno, http://tekno.kompas.com/read/2014/11/24/07430087/pengguna.internet.indonesia.nomor.enam.dunia 2/03/16 diakses Januari 2016
Berita Sindo, http://www.koran-sindo.com/read/968304/149/akses-internet-korsel-tercepat-di-dunia-1424755777 diakses 12 januari 2016
Bogiarto, Budi. (http://www.beritajakarta.id/read/13999/BPTSP_Layani_One_Day_Service_8_Jenis_Perizinan#.WYkwgmecHMw, BPTSP Layani One Day Service 8 Jenis Perizinan, Andry | Akses 12 Agustus 2015
Menpan, http://www.menpan.go.id/berita-terkini/871-sinergikan-teknologi-informasi-untuk-percepat-reformasi-birokrasi akses 10 Februari 2016
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v3i2.1055
Refbacks
- There are currently no refbacks.