Motif Eksistensi melalui Penggunaan Hashtag (#OOTD) di Media Sosial Instagram
Abstract
Perkembangan teknologi saat ini berkembang semakin pesat. Salah satu aplikasi media sosial yang sangat menyita perhatian masyarakat adalah Instagram. Dalam media sosial tersebut kita dapat memposting photo dan video serta memberikan caption dan hastag didalamnya. Hastag dalam Instagram biasanya digunakan untuk pengelompokan dan juga pembuat trending topic. Banyak pengguna Instagram menggunakan aplikasi tersebut sebagai ajang eksistensi diri mereka. Eksistensi sendiri merupakan bentuk dari dari sebuah keberadaan atau suatu bentuk dari pengakuan bahwa kita ada. Sementara OOTD sendiri merupakan sebuah singkatan dari Outfit Of The Day yang merupakan bentuk dari suatu konsep fashion atau style yang dipakai pada hari itu. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui tetang hastag yang saat ini sedang banyak digunakan di Instagram yaitu #OOTD yangdikatakan sebagai symbol dari eksistensi.
Kata Kunci: Instagram, Hastag, Eksistensi.
Full Text:
PDFReferences
Bagus, Lorens. 2005, Kamus Filsafat, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Bungin, Burhan. 2008. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse. Teknologi Komunikasi di Masyarakat). Jakarta: Kencana Prenada Media
Creeber, G. and Martin, R., (ed), 2009, Digital Cultures: Understanding New. Media, Berkshire-England: Open University Press
Mulyana, Deddy. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT Gramedia
Nurudin, 2009, Pengantar Komunikasi Massa, Rajagrafindo Persada, Jakarta
Sedarmayanti dan Hidayat, Syarifudin. 2011. Metodologi Penelitian. Bandung: Mandar Maju
_______elib.unikom.ac.id
_______www.apjii.or.id
_______tech.anashir.com
_______kbbi.web.id
_______www.Instagram.com
http://www.jurnalkommas.com
http://tech.anashir.com/2014/01/21/1308203/apa-itu-tagar-hashtag
https://www.hashtags.org/analytics
http://ejournal.unisba.ac.id/index.php/mediator/article/viewFile/1197/751
jurnalilkom.uinsby.ac.id/index.php/jurnalilkom/article/view/24/
e-journal.uajy.ac.id/6424/1/JURNAL.pdf
DOI: https://doi.org/10.52447/promedia.v3i2.952
Refbacks
- There are currently no refbacks.